Rabu, 22 November 2017

Pemkab Pringsewu Wacanakan Program Kampung Pancasila


LAMPUNG, LAMPUNGUPDATE.COM - Berbagai cara dilakukan pemerintah untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada anak bangsa. Salah satunya gagasan yang mulai diwacanakan oleh Pemerintah Kabupaten Pringsewu, yaitu program Kampung Pancasila.

Wacana itu disampaikan oleh Wakil Bupati Pringsewu, Dr H Fauzi, SE, MKom, Akt, dalam acara Dialog Wawasan Kebangsaan, di Hotel Regency, Gadingrejo, Pringsewu, Rabu.

Dialog dihadiri sekitar 200 peserta perwakilan lembaga, organisasi dan komunitas yang ada di Kabupaten Pringsewu. Kampung Pancasila hampir sama dengan kegiatan yang direncanakan Dandim 0424 Tanggamus, Letkol ARH Anang Hasto Utomo, yakni Kemah Pancasila.

“Rencananya, pada 2018 menganggarkan Kampung Pancasila, hasil urun rembuk dengan Kesbangpol dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP), bagaimana tercipta suasana kerukunan hidup di suatu kampung,” kata Fauzi.

Karenanya, wakil bupati mengharapkan masukan-masukan dari masyarakat dalam perwujudan rencana program tersebut.

Sementara itu, Dandim 0424 Tanggamus, Letkol ARH Anang Hasto Utomo, dalam dialog itu juga mempunyai rencana membuat kegiatan serupa berupa Kemah Pancasila.

Menurut Dandim, kegiatan tersebut sebagai salah satu cara untuk meningkatkan semangat nasionalisme dan sarana praktik pemuda maupun pelajar dalam mengamalkan Pancasila sebagai idiologi bangsa. Cara ini perlu dilakikan agar anak Bangsa tetap menjiwai Pancasila. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar