Kamis, 23 November 2017

Jembatan Bailey di Jalan Lintas Barat Ambruk, Akses Sementara Lumpuh


LAMPUNG, LAMPUNGUPDATE.COM - Tak mampu menahan banyaknya kendaraan yang melebihi muatan, Jembatan Bailey yang dipasang mengatasi amblesnya Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Sumatera Krui-Biha, Pesisir Barat, ambruk, Kamis pukul 13.20 WIB. Diduga karena bermuatan over kapasitas, sebuah truk fuso terjebak dan terguling di jembatan yang ambruk.

"Kami menyayangkan ambruknya jembatan ini. Sudah berungkali disampaikan agar truk yang melintas jangan melebihi kapasitas. Ini pasti muatannya lebih dari 30 ton," kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pelaksana Jalan Nasional (PJN) II Wilayah Lampung, Rolli Ekianto, Kamis.

Untuk itu, Rolli Ekianto meminta warga yang akan bepergian ke Pesisir Barat dan sebaliknya dari Pesisir Barat ke arah Kota Agung, Tanggamus dan Bandarlampung, menghindari jalur lintas barat.

Pihaknya segera membuat laporan tertulis kepada Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Palembang. Mengenai sanksi yang diberikan kepada pemilik truk yang membuat jembatan ambruk, Rolli mengatakan akan berkoordinasi dengan aparat keamanan.

Jalinbar Sumatera di Km 20 Pekon Mandiri, Kecamatan Krui Selatan, putus pada Kamis (12/10/2017), pukul 00.05 dinihari. Jalan putus karena besarnya aliran air dari gunung. Untuk sementara, pengguna jalan dari Bandarlampung menuju Kru dan Bengkulu, dan sebaliknya, tidak melalui jalur tersebut.

Penyebab amblesnya badan jalan karena hujan dengan curah hujan tinggi yang mengakibatkan derasnya aliran air dari sisi tebing dengan kemiringan curam sehingga menggerus badan jalan dan akhirnya mengalir ke laut. Posisi jalan yang ambles tepat berada di pesisir pantai. Pada saat bersamaan, air laut sedang naik, sehingga terjadi turbulensi. (*)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar