Kamis, 26 Oktober 2017

Pemprov Lampung Tingkatkan Kemampuan Pengelola Admin Kependudukan


LAMPUNG, LAMPUNGUPDATE.COM - Pemerintah Provinsi Lampung melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Provinsi Lampung bagi administrator database Disdukcapil dan kabupaten/kota.

“Bimbingan ini berperan penting dan strategis meningkatkan kompetensi dan kemampuan teknis aparatur dalam meningkatkan pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil dalam menghadapi perkembangan kependudukan yang semakin meningkat," kata Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Heri Suliyanto, saat memberikan sambutan Gubernur Lampung, M Ridho Ficardo, di Hotel Emersia, Rabu, kemarin.

Pemerintah Indonesia membuat Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) sebagai sistem yang mengolah data kependudukan. Angka pertumbuhan penduduk yang cukup tajam, baik data yang dihasulkan oleh BPS, BKKBN, dan lembaga lain yang berhubungan dengan masalah kependudukan.

“Pencatatan data penduduk suatu daerah yang melalui SIAK menjadi tanggungjawab pemerintah kabupaten dan kota. Pelaksanaannya diawali daridesa dan kelurahan sebagai awal pendataan penduduk. Selanjutnya, data tersebut disimpan ke satu basis data yang terintegrasi secara nasional melalui jaringan internet, sehingga data-data tersebut menjadi sumber basis data kependudukan dan pencatatan sipil di Indonesia,” ujar Heri.

Sumber daya manusia aparatur pemerintah kabupaten/kota pengelola SIAK, khususnya administrator database (ADB) Disdukcapil perlu memahami detail teknis, pengaturan dan konfigurasi aplikasi SIAK terbaru versi 6.0. Untuk itu, Pemprov Lampung mengundang narasumber dari Kemendagri guna memberikan materi.

Materi meliputi pengelolaan informasi bagi administrator database, pengelolaan informasi administrasi kependudukan, dan implementasi administrasi kependudukan. Sistem ini mengikuti kebutuhan standar singel indentity number (SIN) yang dapat digunakan sebagai sarana pelayanan bagi masyarakat. Misalnya, kartu keluarga, proses cetak kartu keluarga, kartu tanda penduduk, dan proses cetak akta .

Heri Suliyanto berharap peserta bimtek memanfaatkan kegiatan ini dengan baik, sehingga dapat terpahaminya pengaturan dan konfigurasi aplikasi SIAK versi terbaru. Dengan demikian, terrpantau perkembangan kondisi perangkat perekaman KTP-Elektronik dan jaringan komunikasi data. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar