Rabu, 25 Oktober 2017

IDI Bahas Reformasi Sistem Pelayanan dan Pendidikan Kesehatan


LAMPUNG, LAMPUNGUPDATE.COM – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I, dengan mengangkat tema membahas reformasi sistem pelayanan kesehatan dan sistem pendidikan kesehatan yang komprehensif dan multisektor menuju Indonesia sehat, bertempat di Balroom Hotel Novotel Bandarlampung, Lampung, Rabu.

“IDI bukan hanya ingin memperbaiki ADAl/ART-nya saja, dalam rapat ini juga melakukan penyempurnaan, dalam suatu organisasi penyempurnaan itu biasa,” jelas Menteri Kesehatan RI, Nila Djuwita F Moeloek, Sp.M.

Sementara itu, Sekretaris daerah (Sekda) Provinsi Lampung, Ir. Sutono, mewakili Gubernur mengatakan, Rakernas I IDI yang diselenggarakan di Bandarlampung termasuk salah satu kebanggaan masyarakat Lampung karena Lampung mendapat apresiasi di tingkat nasional, dan salah satunya dari kinerja Gubernur dan pemerintah provinsi Lampung untuk masalah kesehatan jadi prioritas di daerah.

“Kita tahu bersama bahwa kesejahteraan masyarakat indikatornya adalah kesehatan, pendidikannya dan perekonomiannya,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Lampung selalu memberikan perhatian besar dibidang kesehatan dengan memberikan budget anggaran melebihi rata-rata nasional.

Disampaikannya, berdasarkan undang-undang kewajiban anggaran kesehatan sebesar 10 % dari APBD. Namun, lanjutnya, Pemerintah Provinsi Lampung menganggarkan mencapai 11,52 %. “Ini menunjukan bahwa kita memberikan perhatian yang serius terhadap kesehatan karena bagian dari undang-undang,” ungkapnya.

Selain jumlah anggaran, suksesi pelayanan kesehatan di Provinsi Lampung adalah sumber daya manusia (SDM) yang profesional. “Kuncinya bahwa sumber daya manusia penting, para dokter itu juga harus memberikan pengabdian,” pungkasnya. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar