Rabu, 25 Oktober 2017

Menkeu Sri Mulyani: Ekonomi Membaik, IHSG Tembus Level 6 Ribu


JAKARTA, LAMPUNGUPDATE.COM - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia yang telah menembus level 6 ribu merupakan cermin membaiknya fundamental perusahaan.

"Kalau semakin baik, maka fundamental perusahaan yang masuk bursa makin sehat neracanya," ujar Menteri Keuangan, Sri Mulyani, di Jakarta, Rabu.

Membaiknya kinerja IHSG itu, kata dia, memperlihatkan perusahaan yang tercatat di bursa memiliki laporan keuangan yang sehat dan hal itu memberikan tren positif terhadap pasar keuangan secara keseluruhan. Berarti, perusahaan yang pergi ke bursa memang punya prospek yang bagus. Kalau positif, artinya menunjukkan adanya aktivitas ekonomi yang sehat.

Di samping itu, penguatan IHSG terjadi karena adanya sentimen positif dari pelaku pasar keuangan terhadap arah kebijakan ekonomi pemerintah yang mendukung terjadinya produktivitas maupun kemakmuran yang berkeadilan.

"Konsumsi, investasi dan ekspor, semua mengalami momentum yang positif. Kalau ditambah kerja pemerintah untuk simplifikasi regulasi untuk meningkatkan pelayanan, maka momentum ini menciptakan persepsi positif ke ekonomi," jelasnya.

Sri Mulyani menambahkan, membaiknya kinerja pasar saham itu juga terjadi karena pelaku pasar keuangan bereaksi positif terhadap arah kebijakan fiskal pemerintah dalam APBN 2018 yang telah disetujui oleh parlemen.

Sebelumnya, Bursa Efek Indonesia menilai tercapainya rekor baru indeks harga saham gabungan (IHSG) ke posisi 6.025,43 poin menunjukkan kepercayaan investor terhadap perekonomian dan pasar modal domestik yang baik.

Pada Rabu sore (25/10), IHSG BEI ditutup menguat 73,35 poin atau 1,23 persen menjadi 6.025,43. Sementara itu kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak naik 11,79 poin (1,19 persen) menjadi 995,93. Sementara itu tercatat, sepanjang tahun ini kenaikan IHSG sebesar 13,35 persen. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar